15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Membuat Blog Dengan Mudah dan Gratis


Pada saat ini tutorial cara membuat blog memang sudah bertebaran di dunia maya.

Untuk membuat blog yang sederhana, Anda tidak perlu memiliki kemampuan pemrograman atau coding karena sudah ada platform Biogspot dan Wordpress yang disediakan secara gratis.

Meski banyak yang menganggap hal ini sudah basi, kenyata annya pada saat ini blog masih cukup efektif untuk melakukan kegiatan promosi. Anda dapat mengikuti panduan berikut ini karena kami akan mengulas secara tuntas tentang bagaimana cara membuat blog dengan mudah.

Cara Membuat Blog

Berikut ini kami akan sampaikan tentang cara membuat blog yang bisa Anda ikuti meskipun Anda sebagai pemula.

1. Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah Anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Jika Anda sudah memilikinya maka secara otomatis Anda sudah bisa langsung mendaftar.

2. Silahkan Anda buka situs www.blogger.com Lalu klik Create Your Blog

4. Kemudian akan muncul ke dashboard dari Gmail. Langkah pertama Anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu dan silahkan login dengan akun Anda masing-masing, masukkan email dan juga password ya.

5. Langkah berikutnya Anda harus mengisi form Judul blog, judul blog ini nantinya akan ditampilkan pada menu home di blog Anda.

6. Lalu isi alamat URL yang Anda gunakan sebagai domain Anda sendiri. Domain ini bisa Anda isi sendiri sesuai dengan keinginan.

7. Isi profil blogger Anda dengan nama Anda sendiri lalu klik Selesai

8. Setelah mengikuti langkah diatas, maka blog Anda sudah selesai.
Setelah semua cara diatas sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya Anda sudah bisa membuat artikel, mengatur tampilan, serta mengoptimalkan SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization.

Cara Membuat Blog yang Menarik

Untuk membuat blog yang menarik tentu ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan agar website atau blog Anda semakin menarik untuk diliat para pengunjung. Beberapa trik ini antara lain:

1. Memakai Tema Custom
Pada menu Tema yang ada pada dashboard, blogspot memang sudah banyak memberikan cukup banyak pilihan desain dan warna yang dapat diterapkan pada blog Anda.

Jika ingin membuat atau membangun blog yang lebih profesional lagi, Anda perlu membeli ke penyedia atau developer template yang sesuai dengan blog Anda. Jika Anda memakai template atau tema hasil desain developer maka secara otomatis mendukung slot untuk iklan Google Adsense, SEO Friendly, kecepatan loading, dan keunggulan lainnya.

2. Optimasi Gambar
Jika ingin blog Anda terlihat menarik, maka perlu dimasukkan gambar atau video singkat yang di embed dari Youtube. Gambar yang dimaksudkan ini bisa hasil tangkap layar, ilustrasi, desain gratis, atau gambar yang sesuai dengan tema tulisan.

3. Gunakan Domain TLD
Domain TLD atau Top Level Domain (contoh: com,.net, .id) atau sebagainya. Fungsi dari domain ini untuk memperpendek dan juga lebih mudah menghafal nama domain atau URL dari blog Anda. Tidak hanya itu, fungsi lain dari domain adalah agar website Anda lebih terlihat profesional di mata pengunjung.

4. Tambahkan Logo Blog
Tips yang terakhir Anda dapat menambahkan logo ke blog yang Anda miliki. Hal ini bertujuan agar Anda dapat membuat brand di dunia digital. Maka dari itu, peranan logo pada sebuah blog memang cukup penting agar mudah diingat oleh pembaca. Jika Anda tidak memiliki kemampuan desain grafis untuk membuat logo, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi yang sudah banyak tersedia di Play Store.
Posting Komentar

Posting Komentar